Siapa Calon Walikota Anda

Selasa, 17 April 2012 , 13:49:00

BOGOR–Suhu politik jelang Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Bogor semakin panas. Para figur calon walikota mulai terangterangan menyat akan siap bertarung memperebutkan kursi F-1.

Keberanian para bakal calon wa likota itu tak lepas dari aksi dadakan tokoh masyarakat Bogor sekaligus pengusaha media yang berpengaruh di Jabodetabek dan Jabar, Hazairin Sitepu.Di hadapan 10 ribu warga yang mengikuti acara Bogor Funday Harian Metropolitan di Lapangan Sempur, Minggu (15/4), mantan Ketua Dewan Pengawas TVRI itu secara spontan meminta pejabat dan para politisi yang ingin maju di bursa Pilwalkot Bogor 2013 untuk berdiri dan menyapa warga.

Di atas panggung hadir Sekda Kota Bogor Bambang Gunawan, Ketua DPRD Kota Bogor Mufti Faoqi, Anggota DPRD Kota Bogor Yusuf Dardiri dan Nani Ratnawati. Selain itu, ada Ketua DPD PAN Kota Bogor Safrudin Bima, Ketua Paguyuban Bogor Bima Arya dan Praktisi Perbankan Yocie Gusman.

Permintaan mengejutkan itu sontak membuat mereka kikuk. Sepertinya mereka tidak menyangka kalau kehadirannya di atas panggung akan diminta ‘terangterangan’ kepada warga yang sudah menyemut di Lapangan Sempur. Satu per satu akhirnya politisi dan pejabat yang hadir mengaku siap mencalonkan sebagai calon walikota Bogor pengganti Diani Budiarto yang segera habis masa jabatannya. Mulai dari Bambang Gunawan, Nani Ratnawati, Mufti Faoqi, Bima Arya, Yocie Gusman, Yusuf Dardiri dan Safrudin Bima.

Tak hanya diperkenalkan, mereka juga diberi kesempatan menyapa warga Bogor. Satu per satu para bakal calon (balon) menyampaikan sekilas visi mereka andaikata menduduki kursi walikota Bogor 2013.

Bambang yang tampil lebih dulu menegaskan, keinginannya maju agar Kota Bogor tetap jaya. Lain Bambang, lain pula Nani. Ketua Fraksi Demokrat DPDR Kota Bogor ini ingin memberikan kesejahteraan kepada warga Bogor. Sejurus kemudian, giliran Ketua DPRD Kota Bogor Mufti Faoqi melalui visinya mengaku akan membawa masyarakat Kota Bogor ke tingkat lebih baik dari sebelumnya.

Sedangkan Ketua DPP PAN Bima Arya sepertinya tidak terlalu memusingkan siapa yang akan terpilih di kancah perebutan kursi orang nomor satu di Kota Bogor. “Siapa pun yang menjadi walikotanya, mudah-mudahan Kota Bogor lebih tertib, baik dan sejahtera,” paparnya.

Sementara itu, mantan Ketua DPD PKS Kota Bogor Yocie Gusman lebih detail menyampaikan keinginannya yaitu memperbaiki pendidikan dan kesehatan murah bagi warga Kota Bogor. Terakhir, Anggota DPRD dari Fraksi PKS Yusuf Dardiri berjanji akan membawa warga menuju kebahagiaan dunia dan akhirat.

Usai memperkenalkan mereka di hadapan warga, Hazairin menegaskan jika dirinya tidak akan turut campur dalam pemilihan walikota Bogor mendatang. Ia menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat, termasuk dari warga biasa yang ingin mencalonkan di bursa Pilwalkot 2013 mendatang.

“Saya tidak berkepentingan, silakan warga memilih mereka. Saya tidak akan ikut campur,” pungkasnya disambut tepuk tangan dari puluhan ribu peserta Bogor Funday.

Sebelumnya, sejumlah pejabat dan politisi masih tampak malumalu menyebut akan mencalonkan diri pada bursa Pilwalkot Bogor pasca kepemimpinan Diani Budiarto. Padahal, spanduk dan baliho mereka sudah bertebaran memenuhi sudut Kota Bogor. Mereka baru terang-terangan menyatakan siap maju saat menghadiri acara Bogor Funday yang diselenggarakan Harian Metropolitan di Lapangan Sempur, Minggu (15/4). (dik)